TopMenu

Senin, 27 September 2010

Kampung Adat - KAMPUNG MAHMUD

Kampung Adat Kampung Mahmud adalah Konon Kampung tempat tinggalnya Sembah Dalem Haji Abdul Manaf (Syeikh Mahmud). Menurut masyarakat setempat pendirian Kampung Mahmud, diperkirakan berlangsung sekitar abad 15 Masehi. Sejarah pendiriannya dimulai sejak Abdul Manaf meninggalkan kampung halamannya menuju ke Mekkah dan untuk beberapa lamanya dia menetap di sana. Sampai pada suatu saat dia memutuskan kembali ke tanah aimya. Sebelum pulang dia berdoa secara khusus disatu tempat yang dinamakan Gubah Mahmud, dekat Masjidil Haram. Dalam doanya dia memohon petunjuk agar dapat kembali ke tempat yang tidak akan tersentuh oleh penjajah. Kemudian petunjuk yang diyakininya sebagai ilham mengisyaratkan bahwa dia akan tinggal di tempat yang berawa. Sesampainya di taanah air, sesuai dengan petunjuk yang didapatkannya di Gubah Mahmud, dia segera mencari rawa dan pencariannya berakhir saat ditemukannya lahan rawa yang terdapat dipinggiran sungai Citarum, lambat-laun lahan yang semula rawa telah menjadi lahan yang layak untuk sebuah perkampungan, dan kampung tersebut kemudian diberi nama Kampung Mahmud, nama yang sama dengan Gubah tempat Eyang Manaf berdoa ketika berada di Mekah.




 CARI INFO lain :

INFO BANDUNG  -  Kopo


BANDUNG INFO

BANDUNG INFO-Seputar Kopo
PNPM Mandiri Perdesaan adalah program nasional yang menjadi pusat upaya Pemerintah Indonesia untuk mengurangi kemiskinan dengan pembangunan berbasis masyarakat. Perlu Pengawasan dan Pengawalan yang serius dari Seluruh Masyarakat, karena sudah terbukti Banyak Kasus Penyelewengan dalam Pengelolaan Keuangan pada program ini. PNPM Mandiri Perdesaan JANGAN DIJADIKAN lahan KORUPSI.Dana BLM JANGAN DIKORUPSI.

KONTES SEO LAIN :
Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit
Promo Indomaret Minimarket Waralaba Indonesia
belanja online grosir eceran murah dan aman


=========================================
Bandung Raya
Detik Bandung
=========================================

Senin, 06 September 2010

Kampung Mahmud - Lokasi dan Lingkungan

Secara administratif Kampung Mahmud termasuk ke dalam wilayah Desa Mekarrahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. Posisi tepatnya, Kampung Mahmud, berada di RW 04, dengan hanya dua RT di dalamnya, yakni RT 01 dan RT 02.
Tempat itu cukup mudah dijangkau dari Kota Bandung, baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Ada beberapa aternatif rute yang dapat ditempuh menuju Kampung Mahmud, khususnya dengan kendaraan umum. Pertama, dari terminal Kebun Kelapa menggunakan angkutan kota dengan rute Kebun Kelapa -Cibaduyut, lalu berhenti di terminal Tegallega. Dari terminal tersebut, menggunakan angkutan kota dengan rute Tegallega-Mahmud, kemudian berhenti di lokasi Kampung Mahmud. Di bawah pukul 09.00 WIB, angkutan tersebut biasanya hanya sampai Bumi Ash I. Untuk melanjutkan perjalanan ke Kampung Mahmud, tersedia delman atau ojeg.
Alternatif kedua, dari terminal Kebun Kelapa menggunakan angkutan kota dengan rute Kebun Kelapa - Cibaduyut, lalu turun di terminal Leuwi Panjang. Dari terminal itu naik angkutan kota dengan jurusan Cipatik, lau berhenti di Rahayu. Selanjutnya naik ojeg menuju Kampung Mahmud. Perjalanan melalui kedua rute tersebut menghabiskan waktu lebih kurang 90 menit.
Mengenali Kampung Mahmud cukup mudah, karena ada gapura bertuliskan Maqom Mahmud. Itu artinya, tempat yang dituju sudah ada di depan mata. Makom Mahmud sendiri merupakan tempat makam keramat yang banyak dikunjungi para peziarah, baik dari lingkungan setempat maupun dan luar kampung Mahmud.

Kampung Mahmud menempati lokasi yang terpisah dengan perkampungan Iainnya. Batas-batas yang mengelilingi kampung Mahmud adalah SungaiCitarum. Tepatnya, batas Kampung Mahmud di sebelah barat, selatan, dan timur adalah Sungai Citarum lama. Adapun di sebelah utara, Kampung Mahmud berbatasan dengan Sungai Citarum baru.
Kampung Mahmud juga menempati satu dataran yang agak rendah atau lengkob dalam bahasa Sunda. Meskipun demikian, tempat tersebut tidak pemah mengalami banjir. Dalam pandangan masyarakat Mahmud, itu berkat tuah atau barokah dari tanah karomah yang menjadi asal-usul kampung tersebut.
Secara geografis, Kampung Mahmud memang berada di pinggiran Sungai Citarum dan agak terpisah dari perkampungan lain di sekitamya.

Kondisi geografis seperti itu tidak menutup peluang warga Mahmud berkomunikasi dengan orang luar Kampung Mahmud. Pertama, ada sarana transportasi berupa jembatan kokoh dan mulus di atas Sungai Citanam yang mempermudah keluar masuknya berbagai alat transportasi ke tempat tersebut. Kedua, media komunikasi berupa telepon pun sudah mulai masuk. Dengan demikian, mudah bagi mereka menjalin komunikasi dengan dunia luar. Dalam hal ini, termasuk juga mengenal dunia luar melalui media elektronik seperti radio dan televisi; juga media cetak seperti surat kabar, majalah, atau buku. Selain itu, mereka sudah terbiasa dengan kunjungan para peziarah dari daerah lain.


 Untuk INFO lain :



 CARI INFO lain :

INFO BANDUNG  -  Kopo


BANDUNG INFO

BANDUNG INFO-Seputar Kopo


KONTES SEO LAIN :
Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1
Promo Kartu Member Indomaret Minimarket Waralaba Indonesia
Laku.com belanja online grosir eceran murah dan aman

garda oto | asuransi garda oto | asuransi mobil | asuransi mobil terbaik | asuransi astra | asuransi | kitchenset bandung | kitchenset minimalis bandung | kitchenset bagus bandung | toyota bandung | toyota new yaris bandung | toyota agya bandung | toyota kijang bandung | toyota fortuner bandung | harga toyota bandung | autocillin | asuransi autocillin | asuransi mobil | asuransi mobil terbaik | asuransi adira | asuransi | jual suplemen fitnes | suplemen fitnes | suplemen untuk fitnes | jual suplemen fitnes | suplemen fitnes | suplemen untuk fitnes | whey protein | suplemen | fitnes | jual suplemen fitnes | suplemen fitnes | suplemen untuk fitnes | whey protein | vimax | vimax asli | vimax original | alat bantu sex | alat bantu | alat bantu pria | alat bantu murah | sex toys murah | toko sextoys | sextoys | sex toys | alat bantu sex | alat bantu | alat bantu pria | alat bantu murah | sex toys murah | toko sextoys | sextoys | sex toys | alat bantu sex | alat bantu | alat bantu pria | alat bantu murah | sex toys murah | toko sextoys | sextoys | sex toys | alat bantu sex | alat bantu | alat bantu pria | alat bantu murah | sex toys murah | toko sextoys | sextoys | sex toys | alat bantu sex | alat bantu | alat bantu pria | alat bantu murah | sex toys murah | toko sextoys | sextoys | sex toys | alat bantu sex | alat bantu | alat bantu pria | alat bantu murah | sex toys murah | toko sextoys | sextoys | sex toys | pnpm mandiri perdesaan | pnpm mandiri perdesaan jawa barat | bandung info | wisata bandung | info majalengka | bikin web bandung | bikin website bandung | jasa pembuatan website bandung | jasa seo bandung | bikin web bandung | bikin website bandung | jasa pembuatan website bandung | jasa seo bandung | wisata kuliner bandung | cleaning service bandung | cleaning services bandung | wisata di thailand | paket wisata thailand | paket haji umroh | paket haji umroh arminareka | catering di bandung | catering bandung murah | catering pernikahan bandung | catering bandung | destiny catering bandung | catering di bandung | catering bandung murah | catering pernikahan bandung | catering bandung | destiny catering bandung | catering di bandung | catering bandung murah | catering pernikahan bandung | catering bandung |
grosir di bandung canopy kaca canopy kaca harga kanopi kaca kanopi kaca

Minggu, 05 September 2010

Wisata Rokhani

Kampung Mahmud sudah sejak lama dijadikan sebagai tempat jiarah kubur atau bahkan Wisata Rohani




 CARI INFO lain :

INFO BANDUNG  -  Kopo


BANDUNG INFO

BANDUNG INFO-Seputar Kopo


KONTES SEO LAIN :
Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1
Promo Kartu Member Indomaret Minimarket Waralaba Indonesia
Laku.com belanja online grosir eceran murah dan aman

Sabtu, 04 September 2010

Tradisi Ziarah Kubur

Diketahui bahwa pendiri Kampung Mahmud adalah Sembah Eyang Abdul Manaf. Konon dia masih keturunan wali Cirebon yakni, Syarif Hidayatullah. Menurut masyarakat setempat pendirian Kampung Mahmud, diperkirakan berlangsung sekitar abad 15 Masehi. Sejarah pendiriannya dimulai sejak Eyang Abdul Manaf meninggalkan kampung halamannya menuju ke Mekkah dan untuk beberapa lamanya dia menetap di sana. Sampai pada suatu saat dia memutuskan kembali ke tanah aimya. Sebelum pulang dia berdoa secara khusus disatu tempat yang dinamakan Gubah Mahmud, dekat Masjidil Haram. Dalam doanya dia memohon petunjuk agar dapat kembali ke tempat yang tidak akan tersentuh oleh penjajah. Kemudian petunjuk yang diyakininya sebagai ilham mengisyaratkan bahwa dia akan tinggal di tempat yang berawa. Sesampainya di taanah air, sesuai dengan petunjuk yang didapatkannya di Gubah Mahmud, dia segera mencari rawa dan pencariannya berakhir saat ditemukannya lahan rawa yang terdapat dipinggiran sungai Citarum, lambat-laun lahan yang semula rawa telah menjadi lahan yang layak untuk sebuah perkampungan, dan kampung tersebut kemudian diberi nama Kampung Mahmud, nama yang sama dengan Gubah tempat Eyang Manaf berdoa ketika berada di Mekah.

Pada masyarakat Kampung Mabmud, kehidupan religinya diisi oleh dua hal. Pertama, keyakinan mereka yang kuat terhadap agama Islam. Kedua, kepercayaan mereka yang tidak kalah kuatnya terhadap keberadaan nenek moyang atau leluhur mereka yang dinamakan karuhun. Keagamaan masyarakat dalam skala yang lebih luas berada di bawah komando para tokoh agama. Sedikitnya saat mi ada empat tokoh agama di Kampung Mahmud yang masih memiliki hubungan kerabat yang dekat dengan pendiri Kampung Mahmud. Peran mereka pun cukup dominan dalam membina masyarakat dibidang keagamaan, dalam hal ini masyarakat Kampung Mahmud memiliki kebiasaan menziarahi tiga makam yang dianggap keramat terutama makam Eyang H. Abdul Manaf. Mereka datang untuk mendoakan nenek moyangnya sendiri. Selain itu, adakalanya kedatangan mereka juga disertai satu keinginan yang sifatnya sangat pribadi. Mereka merasa yakin keinginannya akan lebih didengar oleh Yang Maha Kuasa karena dibantu oleh leluhurnya. Bagaimanapun juga leluhur mereka adalah orang yang saleh dan dicintai oleh Allah. Kebiasaan menziarahi makam keramat, ternyata bukan milik penduduk Kampung Mahmud saja, melainkan juga dilakukan oleh orang dan luar Kampung Mahmud, ada juga yang datang dan kampung jauh, seperti Tasikmalaya dan Ciamis. Mereka datang untuk mendoakan leluhur yang dikeramatkan, namun tidak sedikit pula dan mereka yang datang dengan tujuan tertentu. Walaupun sampai sekarang masyarakat Kampung Mahmud masih kuat memegang teguh adat dan tradisi bukan berarti mereka masyarakat yang statis. Dahulu masyarakatnya cenderung menjaga tradisi, tetapi seiring dengan perkembangan zaman, sekarang Kampung Mahmud sudah mengalami perubahan-perubahan dan menerima pengaruh dari luar yang sekiranya tidak merubah kehidupan adat istiadatnya. Misal, perubahan yang terjadi dalam kebiasaan berziarah. Berdasarkan data sementara yang diperoleh tradisi ziarah kubur di Kampung Mahmud mengalami perubahan seperti dalam pelaksanaan ziarah kubur itu sendiri, tradisi ziarah kubur yang dulunya dijadikan sebagai sarana islamisasi namun lambat-laun tempat ini bukan saja digunakan untuk berziarah tapi dimanfaatkan pula untuk tempat wisata dan kegiatan ekonomi liannya.

Kampung Mahmud, sebagai sebuah tempat tinggal kornunitas orang Mahmud dengan berbagai keunikan budayanya, menurut penulis hal ini sangat unik untuk dikaji. Masyarakat yang kuat mernegang teguh adat leluhur tapi tetap menerima Islam sebagai agama dan melaksanakan hukum agarna sesuai dengan caranya sendiri. Kondisi geografi yang terpencil turut menjaga tradisi dan budayanya, meskipun perubahan diterima namun masih dalarn batas-batas tertentu. Dalam hal ini maka sebagai sarana untuk mendukung perielitian penulis menggunakan pendkatan antropologi., pendekatan antropologi menguangkapkan nilai-nilai yang meiatar belakangi prilaku, status, system kepercayaan yang mendasari pola hidup, dan lain sebagainya. Untuk mendukung pendekatan dan latar belakng di atas, maka dalain hal mi penulis rnenggunakan teori difusi Wilhelm Schmidt yang seorang guru besar antropologi dari Austria. Teori ini dipilih karena, bahwa terjadinya perubahan tradisi ziarah kubur karena adanya penyebaran unsur-unsur baru sebagai hasil proses sosial yang terjadi di masyarakat. W. Schmidt juga mengatakan bahwa terjadinya perubahan budaya disuatu daerah karena adanya penyebaran atau difusi unsur-unsur kebudayaan.




 CARI INFO lain :

INFO BANDUNG  -  Kopo


BANDUNG INFO

BANDUNG INFO-Seputar Kopo


KONTES SEO LAIN :
Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1
Promo Kartu Member Indomaret Minimarket Waralaba Indonesia
Laku.com belanja online grosir eceran murah dan aman

Tempat Ziarah

Di Kampung Mahmud terdapat sejumlah makam yang dikeramatkan warga. Beberapa makam seringkali diserbu para peziarah dan berharap berkahnya. Bahkan tidak sedikit peziarah yang datang dari jauh dan menginap di sana. Biasanya peziarah akan membludak pada sepanjang bulan Maulud, puncaknya pada malam Jumat Kliwon. Sebagai gambaran, ketika hari itu tiba, keadaan Kampung Mahmud bagaikan pasar malam. Konon, ada keyakinan bila pada saat-saat tersebut, para leluhur datang dan berkumpul untuk mengamini segala harapan yang disampaikan.

Daya tarik peziarah selain untuk bermunajat di makam-makam leluhur, mereka juga percaya kekeramatan Kampung Mahmud. Bahwa di kampung itu masih terdapat pantang adat yang bila dilanggar maka bisa menimbulkan petaka. Selain itu, Kampung Mahmud juga dianggap sebagai wilayah “ajaib” karena tidak pernah tersentuh banjir, meskipun di lingkari Sungai Citarum yang sering meluap bila musim hujan tiba.

Menurut cerita, hal itu dikarenakan Eyang Haji sempat menugaskan murid kesayangannya bernama Abdullah Gelung. Ia seorang tokoh sakti yang pernah melakoni tapa brata selama 33 tahun di 33 gunung besar di seantero tanah Jawa. Tujuannya untuk untuk melindungi seluruh warga kampung dari ancaman banjir. Dan terbukti hingga saat ini air bah tidak sampai menjilat Kampung Mahmud.

Selain itu, Eyang Haji juga memiliki seorang murid dari bangsa jin yang bernama Raden Kalung Bimanagara. Sosoknya terkadang menampakkan diri dengan wujud lelaki berwajah ganteng dan berbadan ular berwarna keemasan. Tugas Raden Kalung adalah untuk melindungi keturunan Eyang Haji yang tercebur ke dalam sungai Citarum. Menurut warga setempat, tidak ada orang yang berani melihat penampakannya. Dan juga tidak sembarang orang bisa mengundang kehadirannya.

Keanehan lain Kampung Mahmud adalah ketika air sungai Citarum mulai tercemar dan tidak sehat lagi untuk dikonsumsi. Ketika itu, Eyang Haji memberikan izin kepada warganya untuk membuat sumur. Awalnya, warga yang mencoba menggali sumur tidak pernah mendapati adanya mata air. Padahal galian telah demikian dalam. Hal ini sempat dicoba di beberapa tempat, tapi tidak berhasil.

Akhirnya Eyang Haji bermunajat kepada Allah SWT dan memohon agar diberikan air untuk memenuhi kebutuhan hidup warganya. Tidak lupa Eyang Haji juga memohon restu kepada karuhun agar diperkenankan membuat sumur meski hal itu merupakan pelanggaran adat. Setelah melakukan hal itu, keanehan pun terjadi. Lubang galian sumur yang semula dibiarkan terebengkalai, mendadak mengeluarkan air.

Lokasi kampung yang berada di pinggir Sungai Citarum dipandang cukup strategis. Hingga awal abad ke-19, di Kabupaten Bandung, lalu lintas air melalui sungai masih memegang peranan penting sebagai penghubung antar kampung satu dengan yang lainnya. Apalagi secara geografis, kampung tersebut letaknya tidak terlalu jauh dari Ibukota Kabupaten Bandung, yang waktu itu masih berada di Krapyak (Dayeuhkolot), di antara pertemuan dua sungai besar, yakni Sungai Citarum dan Cikapundung. Bahkan konon, Bupati Bandung R.A. Wiranatakoesoemah II (1794-1829), sempat pula hilir mudik dengan menggunakan perahu dari Krapyak hingga hulu Sungai Cikapundung dengan menggunakan perahu dalam usahanya mencari daerah untuk lokasi pemindahan Ibukota Kabupaten Bandung.
Pada saat awal pendirian kampung tersebut, banyak kegiatan yang terlarang dilakukan oleh penduduk kampung, seperti membuat sumur, menyalakan penerang, membunyikan alat-alat musik termasuk bedug, memiliki perlengkapan meubel rumah tangga, tidak memiliki jendela berdinding kaca, memelihara angsa, dsb. Namun seiring dengan perkembangan jaman dan terjadinya pergeseran nilai di tengah masyarakat kampung, larangan itu sebagian sudah mulai ditinggalkan.
Kini warga kampung berusaha untuk terus mempertahankan keaslian dan keasrian lingkungan sekitar kampung tersebut. Itu dapat terlihat dengan jelas pada bangunan-bangunan seperti rumah, mesjid, langgar, komplek makam, yang semuanya masih dibuat dengan gaya arsitektur bangunan tradisional sunda. Bangunan-bangunan tersebut dibuat dengan menggunakan bahan kayu serta berdinding anyaman bambu (bilik, bhs. sunda).


 Untuk INFO lain :

canopy kaca harga kanopi kaca kanopi kaca

Pantangan Adat

“Dulu Eyang Haji sempat menanamkan sekepal tanah yang dibawa langsung dari Mekkah. Di tempat tanah Mekkah yang ditanam itulah Eyang Haji menempatkan 40 jin pengikutnya untuk menjaga agar kampung itu tidak bisa dijahili orang. Bahkan diceritakan, di masa lalu wilayah ini tidak pernah ditemukan oleh pihak penjajah. Sehingga kampung ini dijadikan tempat persembunyian,” tutur H. Syafei, tokoh masyarakat Kampung Mahmud, yang masih keturunan Eyang Abdul Manaf.

Sebagai tempat persembunyian dari incaran penjajah, Eyang Abdul Manaf menerapkan beberapa aturan yang harus dipatuhi warganya. Antara lain dilarang membangun gedong (rumah dari tembok), apalagi memakai kaca. Dilarang menggali sumur. Dilarang menabuh bedug, memelihara angsa, serta dilarang menyelenggarakan pertunjukan yang didalamnya ada perangkat gamelan berupa goong. SEhingga jangan heran bila di wilayah Kampung Mahmud tidak pernah ditemukan ada pertunjukan wayang, jaipong dan sejenisnya.

Menurut H. Syafei, nama Mahmud sendiri berarti yang dipuji. Hanya saja, H Syafei menyayangkan kini perilaku warga Kampung Mahmud ada yang tidak terpuji. Terbukti ada diantara mereka yang berani melanggar pantangan adat seperti mendirikan rumah dari tembok secara berlebihan. “Hal ini mungkin karena pengaruh perkembangan zaman dan bukti mulai lunturnya nilai-nilai peninggalan leluhur,” katanya.


 Untuk INFO lain :